Mengapa berkebun dapat menumbuhkan kesejahteraan mental dan membina pertemanan

Penelitian menemukan bahwa berkebun di halaman depan, yaitu tempat hasil kerja Anda lebih terlihat, dapat menumbuhkan hubungan sosial dan kesehatan mental yang lebih baik.

Oleh Richard Sima
17 Mei 2024 pukul 08:33 EDT

Mencari perubahan sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda? Cobalah berkebun.

Orang-orang berkebun di dalam dan di luar ruangan, dalam cuaca dan iklim yang berbeda serta dengan intensitas dan tujuan yang berbeda. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa berkebun berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Penelitian baru menunjukkan bahwa berkebun juga bisa menjadi jalan menuju perubahan perilaku yang sehat secara besar-besaran.

Mengapa berkebun merupakan kegiatan yang menyehatkan? Penelitian menunjukkan bahwa ada dua jalur utama yang mengarahkan pekebun menuju kesejahteraan mental. Salah satunya melalui keterhubungan dengan alam dan keindahan estetisnya. Namun, hal lain yang mungkin mengejutkan adalah bagaimana berkebun juga bisa menjadi cara kita terhubung dengan orang lain.

“Saya rasa itu hanya tentang menyatukan kembali apa yang menjadikan kita manusia,” kata Jonathan Kingsley, dosen senior promosi kesehatan di Swinburne University of Technology di Australia.

Mengapa orang senang berkebun

Berkebun bisa menjadi pengalaman yang kaya dan multisensori, dan pekebun biasanya menyebut taman sebagai sumber kesenangan dan kegembiraan, pelarian atau rasa ingin tahu dan pembelajaran.

“Rasanya, teksturnya, sensasinya… angin menerpa wajah dan rambut Anda, sekadar merasakan unsur alam. Itu membantu orang merasa hidup, sadar dalam beberapa cara,” kata Jill Litt, peneliti senior di Barcelona Institute for Global Health. “Itu adalah hal-hal yang sangat bersifat terapeutik.”

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa aroma alam dapat berdampak pada kesejahteraan dan suara alam seperti kicau burung juga meningkatkan kesehatan mental.

Seperti aktivitas berbasis alam lainnya, berkebun dapat memperoleh beberapa manfaat dari mengurangi stres. Teori pemulihan perhatian berhipotesis bahwa rangsangan alami dapat mengurangi kelelahan mental dengan secara lembut menahan perhatian kita dengan “daya tarik yang lembut.”

Namun, satu ciri yang membuat berkebun menonjol adalah bahwa hal itu “membutuhkan partisipasi aktif” dan “terlibat dalam hal ini,” kata Litt, yang juga seorang profesor studi lingkungan di Universitas Colorado di Boulder. “Kamu harus melakukan sesuatu.”

Dengan menyiangi, menyiram, menggali, menabur, memangkas, dan tugas-tugas hortikultura lainnya, berkebun bisa menjadi hobi yang menuntut fisik. Latihan fisik juga terbukti meningkatkan kesehatan mental.

Menanam tanaman hijau dan membina koneksi

Berkebun tidak hanya membantu menghubungkan kita dengan alam, tetapi juga dengan manusia lain. Komunitas yang berkebun di ruang bersama dapat membangun kepercayaan karena orang-orang saling menjaga lahan dan menawarkan bantuan dan nasihat. Pertumbuhan sosial ini berjalan lambat dan stabil, didasarkan pada tujuan bersama, rasa memiliki dan pembelajaran. “Semuanya merupakan panduan tentang bagaimana Anda membangun hubungan yang kuat,” kata Litt. “Kebun memanggil mereka untuk kembali karena mereka mempunyai tanggung jawab.”

Namun, berkebun di rumah pun dikaitkan dengan keterhubungan sosial yang lebih besar. Dalam penelitian sebelumnya, Litt dan rekan-rekannya menemukan bahwa pekebun di rumah lebih terlibat secara sosial – lebih cenderung berkomunikasi dengan pejabat terpilih setempat atau berpartisipasi dalam asosiasi orang tua-guru, misalnya – dibandingkan mereka yang bukan pekebun.

Para pekebun di rumah juga cenderung menilai estetika lingkungan mereka secara positif. Peningkatan keterlibatan sosial dan peringkat estetika dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik. Partisipasi dalam komunitas berkebun semakin meningkatkan dampak ini.

Penelitian lain menemukan bahwa berkebun di halaman depan, yaitu tempat hasil kerja keras Anda lebih terlihat, juga dapat menumbuhkan hubungan sosial dan kesehatan mental yang lebih baik, kata Lauriane Suyin Chalmin-Pui, seorang peneliti independen di Inggris yang mengkhususkan diri pada pengaruh berkebun terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Dalam sebuah penelitian, Chalmin-Pui dan rekan-rekannya mengubah 38 halaman depan rumah yang gundul menjadi taman untuk 42 peserta. Tiga bulan kemudian, peserta penelitian melaporkan tingkat stres yang lebih rendah dan memiliki pola kortisol yang lebih sehat.

Taman-taman memberikan lebih banyak kesempatan bagi peserta untuk bertemu dengan tetangganya dan tanaman menjadi pembuka percakapan yang mudah. Ketika Chalmin-Pui menindaklanjuti para peserta setelah satu setengah tahun, dia menemukan bahwa orang-orang telah mengenal tetangga mereka.

Beberapa telah tinggal di jalan yang sama selama 10 tahun. “Tetapi, baru setelah mereka berdua mendapatkan tanaman di halaman depan, barulah mereka mulai berbincang,” kata Chalmin-Pui.

Chalmin-Pui mengenang peserta penelitian lain yang menghadapi masalah kesehatan mental dan cacat fisik. Wanita tersebut mengatakan kepadanya bahwa tanaman adalah “penyelamat hidup” dan “itu adalah pertama kalinya dia merasa menjadi manusia setelah bertahun-tahun.”

“Dia merasa bahwa dia menjaga mereka tetap hidup,” kata Chalmin-Pui. “Fakta bahwa dia menjaga mereka tetap hidup berarti dia mampu melakukan sesuatu.”

Berkebun sebagai cara untuk perubahan perilaku yang bertahan lama

Banyak penelitian yang menyelidiki manfaat berkebun bagi kesehatan bersifat observasional dan korelasional sehingga sulit untuk mengetahui apakah berkebun yang menyebabkan perubahan kesehatan atau apakah tipe orang tertentu yang sudah memiliki perilaku kesehatan ini lebih tertarik untuk berkebun.

Dalam uji coba terkontrol secara acak yang pertama yang menguji pengaruh berkebun komunitas terhadap kesehatan, Litt dan rekan-rekannya bekerja dengan 37 kebun komunitas di wilayah Denver dan Aurora, Colorado, untuk menguji secara lebih langsung bagaimana berkebun berdampak pada kesehatan. Untuk penelitian ini, 291 peserta yang tidak berkebun dalam dua tahun terakhir dipilih secara acak untuk menerima sebidang kebun komunitas atau tetap berada dalam daftar tunggu.

Dibandingkan dengan peserta yang masuk daftar tunggu, mereka yang berkebun mengalami peningkatan aktivitas fisik sedang hingga berat – rata-rata 40,6 menit lebih banyak per minggu. Mereka juga mengonsumsi lebih banyak serat – sekitar 1,4 gram serat setiap hari. Setelah satu musim berkebun, mereka juga melaporkan tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah.

Meskipun besaran perubahan perilakunya kecil, hal itu merupakan awal yang nyata sejalan dengan intervensi perilaku kesehatan lainnya. “Kami melihat kebun sebagai pelaku perubahan perilaku kesehatan,” kata Litt.

Setelah pengumpulan data berakhir, peserta daftar tunggu juga diberikan sebidang kebun dan lebih dari setengahnya mulai berkebun pada musim berikutnya, kata Litt.

Berapa banyak berkebun yang Anda butuhkan?

Para peneliti masih menggali rincian tentang “dosis” berkebun yang memberikan manfaat paling besar bagi kesehatan mental.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu yang mensurvei 4.919 orang dewasa paruh baya dan lebih tua di Australia, Kingsley dan rekan-rekannya melaporkan bahwa berkebun setidaknya 2,5 jam setiap minggu dikaitkan dengan kesejahteraan mental dan kepuasan hidup yang lebih baik. Manfaat itu lebih kuat pada orang dewasa berusia 64 tahun ke atas.

Waktu di oasis taman Anda “bersaing melawan kekuatan lain yang memengaruhi kesehatan mental Anda setiap hari,” kata Kingsley. Meskipun penelitian ini bersifat korelasional, Kingsley berteori bahwa 2,5 jam per minggu di taman mungkin merupakan waktu yang tepat untuk memenuhi ambang batas tersebut.

Bagi pemula, Anda bisa memulainya dari hal kecil. Hanya beberapa tanaman pot di dalam ruangan yang masih berkebun. Beberapa tanaman, seperti mint, adalah tanaman yang tumbuh subur dan mungkin lebih mudah dipertahankan oleh pekebun pemula. Namun, menanam tanaman yang Anda sukai mungkin adalah kuncinya, kata Chalmin-Pui.

Jangan takut tangan Anda kotor dan melakukan kesalahan. Berkebun adalah “semacam percobaan dan kesalahan dan sekadar pengalaman, itulah kehidupan,” kata Kingsley. “Anda akan mengalami banyak kegagalan dan kemenangan dalam hal ini. Dan itulah kehidupan.”

Sumber: Washington Post

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Apakah ada yang bisa kami bantu?