Anak yang beruntung

Saya punya 5 orang saudara dan 2 orang saudari. Kakek dari ayah dan kedua orang nenek dari kedua orangtua saya plus orangtua saya selalu mengajarkan kejujuran, kerja keras dan setia kepada kawan. Pada usia senja mereka, kakek dan nenek saya dari pihak ibu dan ayah  tinggal di satu rumah. Saya tinggal dengan orangtua saya di rumah yang terpisah sekitar 500 m.
Mereka menekankan bahwa walau dalam kesulitan apa pun, kami sebaiknya tetap jujur, kerja keras dan setia kepada kawan.
1. Dalam bisnis:
Kepada para agen produk usaha kami yang pailit atau terkena kesulitan keuangan yang berat, kakek dari ayah selalu memberikan perpanjangan pembayaran utang-utang mereka dan bahkan memberikan utang-utang baru yang bernilai besar agar mereka tetap berbisnis.
2. Dalam persahabatan
Pintu keluarga kami selalu terbuka lebar, bahkan selama sekitar 1970-1975, rumah kakek pernah menampung puluhan orang miskin, preman dll dengan memberikan mereka tempat (walaupun sekedarnya), makanan, minuman, tempat mandi dll selama berbulan-bulan sampai mereka punya pekerjaan atau usaha sendiri dan mandiri.
3. Balas budi dari kawan kami
3.1 Belasan tahun kemudian, beberapa di antaranya datang untuk membayar utang mereka kepada
keluarga kami. Beberapa di antara menjadi pelindung keluarga ketika ada pengganggu yang ganas.
3.2 Jika kami mengadakan cara besar, misalnya pernikahan, ratusan orang datang ke rumah kami untuk turut merayakannya. Mereka ternyata tidak memandang kami secara ekonomi.
4. Menjalani Sigalovada Sutta
Setiap tamu yang datang selalu ditawari makanan dan minum terlebih dahulu sebelum mulai mengobrol, persis ajaran Buddha di Sigalovada Sutta. Kedua orang nenek saya bahkan menegur kami jika teman kami berkunjung dan kami lupa menawari mereka minuman dan makanan!!!
5. Dampak baiknya pada diri saya dan hampir semua saudara maupun saudari saya
Saya sudah punya 4 orang anak dan 4 orang cucu. Sampai saat ini saya tidak pernah berpikir untuk membohongi orang lain, apalagi menipu. Saya meneruskan ajaran-ajaran keluarga kami kepada semua anak kami plus cucu.

Semoga bermanfaat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Apakah ada yang bisa kami bantu?