Pabbajja Samanera Sementara di Pupuan, Tabanan, Bali (2022)

Pada akhir Tahun 2022 ini, salah satu Pendiri (Founder) dari Yayasan Nawa Ratna Bali (NRB) dan merupakan Ketua Dewan Pembina NRB (Singgih Prayitno, S.E.Ak., M.Pd.) berkesempatan mengikuti Pabbajjā Sāmaṇera Program Cittabhāvanā yang diselenggarakan di Vihāra Dharma Giri, Pupuan, Bali.

Program Pabbajjā Sāmaṇera sementara tersebut dilaksanakan mulai 25 Desember 2022 dan akan berlangsung sampai dengan 3 Januari 2023 mendatang. Pelatihan ini difokuskan pada meditasi (cittabhāvanā) dan sedikit pembekalan materi.

Y.M. Sri Subalaratano Mahāthera menjadi Upajjhāya dan didampingi oleh 7 (tujuh) Bhikkhu yang bertindak sebagai Ācariya, salah satunya ialah Y.M. Bhikkhu Jotidhammo Mahāthera. Ketua Panitia pelaksana (Bhikkhu Jayasīlo) didukung oleh KBTI Provinsi Bali dan pengurus vihāra/mahācetya se-Bali.

Peserta sāmaṇera yang mengikuti program kali ini berjumlah 23 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar peserta berasal dari Bali, termasuk yang paling senior berusia 71 tahun.

Umat Buddha di Bali sangat antusias mendukung dan menyambut kegiatan ini mengingat sudah lama tidak dapat mengadakan Pabbajjā Sāmaṇera akibat situasi pandemi. Ini merupakan wadah yang sangat baik bagi para umat untuk praktik kebaikan sekaligus menambah keyakinan pada Tiratana.

Semoga kegiatan semacam ini dapat berlangsung kembali di Pulau Bali dan jumlah peserta akan jauh lebih banyak lagi, sehingga semakin banyak Umat Buddha di Bali yang mendapatkan kesempatan berlatih sebagai seorang Samana dalam kurun waktu tertentu untuk praktik Dhamma lebih mendalam lagi dalam kehidupannya. ***NRB-4***

Sumber:https://nawaratnabali.blogspot.com/2022/12/pabbajja-samanera-sementara-di-pupuan.html

Salah satu sumber informasi dari Medkom STI dengan Link akses dibawah ini:
https://www.instagram.com/p/CmnC3gdSDJY/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Tjan
Tjanhttps://www.tjansietek.com
A senior Indonesian-English sworn translator, former licensed personal advisor and analyst in the Indonesian capital markets, former college lecturer in English for Buddhism, Tipitaka translator, senior member of the Indonesian Translators Association and Indonesian Therevadin Buddhist Council, recipient of the Sāsanadhaja Dharma Adhgapaka award given by the Ministry of Religions of the Republic of Indonesia, Buddhist preacher under the same ministry

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles

×

 

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Apakah ada yang bisa kami bantu?